oleh

Wagub Riza Nilai Pemerintah Pusat Dukung Formula E

Jakarta – Ahmad Riza Patria, Wakil Gubernur DKI Jakarta mengapresiasi keputusan Presiden Joko Widodo menempatkan sirkuit Formula E di Jakarta sebagai bentuk dukungan pemerintah pusat terhadap penyelenggaraan Formula E pada 4 Juni 2022. Hal ini berdampak positif tidak hanya di Jakarta tetapi juga di Indonesia.

“Ini tidak hanya menyangkut nama baik kota Jakarta tapi sesungguhnya juga ini menyangkut nama Indonesia, tentu Bapak Presiden memberi perhatian yang baik, kami berterima kasih dan bersyukur,” ujar Wagub Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (25/11/2021) dilansir beritasatu.com.

Riza tidak membenarkan atau membantah jika Presiden Jokowi yang menentukan satu dari 5 lokasi alternatif untuk dijadikan sirkuit Formula E. Menurut Riza, yang menentukan lokasi sirkuit Formula E adalah Formula E Operations (FEO).

“Nanti titik mana yang ditunjuk, kami serahkan kepada aturan dan ketentuan yang ada, yang sudah diatur oleh pihak Formula E, semua ada syarat yang harus dipenuhi. Tentu harapan kita tempat yang ditunjuk nanti tempat yang terbaik bagi kepentingan semua,” ungkap Riza.

Baca Juga  Muzani Minta Seluruh Elemen Pendukung Prabowo-Gibran Sujud Syukur saat Diumumkan Menang Seputaran

Menurut Riza, pihak FEO merupakan pihak yang memiliki kompetensi untuk menentukan lokasi sirkuit. Pasalnya, banyak aspek-aspek yang dipertimbangkan, mulai dari aspek keamanan baik bagi pembalap maupun penonton serta aspek-aspek teknis lainnya.

“Kita semua bisa saja mengusulkan, merekomendasikan yang terbaik menurut kita tapi memang pada akhirnya yang memutuskan dari pihak Formula E,” tandas dia

Riza juga mengaku bersyukur jika pemerintah pusat dan Presiden Jokowi mendukung penyelenggaraan Formula E. Menurut dia, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu bekerja sama untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan yang dampak positif untuk masyarakat Indonesia.

Baca Juga  Presiden Jokowi Akan Memantau Pengembangan Kelapa Genjah Di Jawa Tengah

“Harapan kita tentu seperti harapan Pak Presiden itu yang terbaik buat Formula E, kalau ada keinginan, dari kita dari Pak Presiden. Tentu kami sangat bersyukur kalau ini menjadi perhatian baik terhadap Pak Presiden,” pungkas Riza.

Sebelumnya, Co-Founder sekaligus Chief Championship Officer Formula E Operations (FEO) Alberto Longo mengatakan sirkuit Formula E akan diputuskan oleh Presiden Joko Widodo. FEO, kata Alberto, akan melakukan kajian dan studi terhadap 5 lokasi alternatif yang sudah disiapkan sebelum diputuskan oleh Jokowi.

“Kami akan mengajukan proposal (soal sirkuit Formula E) ke Presiden Indonesia, beliau lah yang akan mengambil keputusan,” ujar Alberto saat konferensi pers bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) di Kantor Blackstone, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/11/2021) malam.

Baca Juga  Polres Bekasi Mulai Lakukan Tilang Elektronik

Ke-5 lokasi alternatif untuk sirkuit Formula E adalah Pantai Indah Kapuk (PIK), daerah sekitar Jakarta International Stadium (JIS), Jalan Sudirman, Jakarta Internasional Expo Kemayoran dan Kawasan Ancol. Menurut Alberto, sirkuit balap mobil listrik ini akan ditentukan paling lambat sebelum Natal, 25 Desember 2021 mendatang.

“Sebelum Natal (sirkuitnya) sudah diumumkan,” tutur Alberto.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo bahwa lokasi Formula E akan diputuskan oleh Presiden Jokowi. FEO, kata dia, akan melakukan kajian plus minus di 5 lokasi alternatif yang sudah ditetapkan oleh penyelenggara Formula E Jakarta.

“Presiden Jokowi akan memilih. Alberto bakal buat studi plus minus jalur-jalur tersebut,” pungkas Bambang.(*/cr2)

News Feed