oleh

Wagub DKI Jakarta Presiden Jokowi Mendukung Penyelenggaraan Formula E 2022 Jakarta

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendukung penyelenggaraan Formula E 2022 di Jakarta. Hal ini lantaran Formula E merupakan salah satu ajang balap mobil listrik internasional yang bisa memberikan dampak ekonomi tidak hanya untuk Jakarta, tetapi juga untuk Indonesia.

“Iya, prinsipnya semua kegiatan ataupun program yang dibuat pemerintah pusat maupun yang dibuat pemda mendapatkan dukungan oleh semua,” ujar Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (15/11/2021).

Menurut Riza, pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu membangun kerja sama yang sinergis dan kalaboratif untuk menyukseskan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat. Dikatakan, pemerintah daerah pasti mendukung program yang ditetapkan pemerintah daerah.

“Terjadi sinergi. Begitu sebaliknya program yang dibuat pemerintah daerah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat dan juga dukungan masyarakat,” ungkap Riza.

Baca Juga  Badan Perlindungan Konsumen Nasional Apresiasi KAI dalam Tangani Kecelakaan

Terkait pembiayaan Formula E, Riza memastikan ke depannya hanya menggungakan dana dari partisipasi publik baik masyarakat maupun swasta.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M Taufik mengeklaim Presiden Jokowi mendukung penyelenggaraan Formula E di Jakarta. Klaim Taufik ini berdasarkan pernyataan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Bambang Soesatyo yang mengungkapkan, jika Presiden Jokowi menantang Vice Champion LMP2 FIA WEC 2021 Sean Gelael untuk mengikuti balap Formula E yang akan dilangsungkan di Jakarta, 4 Juni 2022.

Nah iya kan sudah nantang (Sean Gelael) ikut Formula E, artinya apa? Statement itu kan menunjukkan persetujuan karena ini kan kegiatan Internasional. Dengan menantang itu kan berarti (Presiden Jokowi) menyetujui adanya program itu,” kata Taufik.

Sebelumnya, Bambang mengatakan Presiden Jokowi menantang Sean Gelael untuk mengikuti balap Formula E yang akan dilangsungkan di Jakarta, 4 Juni 2022. Bamsoet sapaan akrabnya mengatakan tantangan tersebut disampaikan Jokowi usai menjajal sekaligus meresmikan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada Jumat (12/11/2021) lalu dilansir beritasatu.com.

“Pak Presiden Jokowi menantang Sean Gelael agar bisa berlaga di ajang balap Formula E di Jakarta tahun depan,” ujar Bamsoet.

Baca Juga  In memoriamProf. Dr. Kyai Ahmad Syafii Mufid, MA

Bamsoet mengungkapkan, waktu ditantang Jokowi tersebut, pembalap terbaik Indonesia yang baru saja meraih prestasi runner up kejuaraan dunia balap ketahanan FIA World Endurance Championship itu tidak bisa menjawab dan hanya tertawa.

Bamsoet yang merupakan Ketua MPR berharap, Sean Gelael dapat memenuhi tantangan Presiden Jokowi untuk berlaga dalam ajang Formula E tahun depan.

“Sekaligus supaya Sean Gelael bisa menjadi local hero di ajang balap dunia FIA Formula E di mana Kota Jakarta akan menjadi tuan rumah pada 4 Juni 2022,” harap Bamsoet.

Baca Juga  Selain Studi Banding, Kompolnas Pantau Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Belanda

Sean sendiri didampingi Bamsoet dan Ketua Dewan Penasehat Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Prasetyo Edi Marsudi diterima Presiden Jokowi di sela-sela meresmikan sirkuit Mandalika hari ini di VIP room sirkuit.

Dalam kesempatan itu, Bamsoet melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa Sean Gelael baru saja mengharumkan bangsa dan nama Indonesia di event internasional. Sean meraih perangkat 2 pada event tersebut.

“Pak Presiden manggut-manggut dan menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih Sean. Dan beliau kemudian bertanya apa targetnya tahun depan, yang dijawab Sean insyaallah bisa menjadi juara 1 FIA WEC,” kata Bamsoet.(*/cr2)

News Feed