oleh

Update Covid-19, Amerika Serikat Bakal Kirim 4 Juta Dosis Vaksin Moderna

Update Covid-19 global terbaru mengabarkan Amerika Serikat yang siap mengirimkan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia.

Berdasarkan data Worldometers perSabtu, (3/7/2021) terdapat 434 ribu kasus positif Covid-19 baru dari total 183,8 juta kasus positif sejak pandemi berlangsung di dunia.

Di sisi lain, kasus meninggal dunia sehari bertambah 8.280 orang, dari total 3,9 juta kematian karena Covid-19. Meski begitu, data juga menunjukkan sudah ada lebih dari 11,5 juta orang yang sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga  Epidemiolog Apresiasi Keluarga Almarhum Akidi Tio Berikan Sumbang Rp 2 Triliun untuk Penanganan Covid-19 di Sumsel

Kini masih ada 11,5 juta orang di dunia yang berstatus positif Covid-19, atau orang yang bisa menularkan Covid-19. Dari total kasus Covid-19 aktif itu, 99 persen di antaranya bergejala ringan atau tanpa gejala. Sisanya 78 ribu orang bergejala ringan atau sedang kritis karena Covid-19.

Amerika akan kirimkan 4 juta dosis vaksin ke Indonesia

Mengutip Channel News Asia, Penasihat Kemanan Nasional Amerika, Jake Sullivan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan sesegera mungkin akan mengirim 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia lewat program bantuan luar negeri, COVAX.

Baca Juga  Nekat Wisata 5 Orang Positif Tes Antigen

“Ini adalah bentuk dukungan Amerika Serikat untuk rakyat Indonesia perangi lonjakan kasus Covid-19,” ujar Sullivan.

Dalam pernyataanya, Sullivan juga menyoroti pentingnya kehadiran pemerintahan Biden dan Harris di Indonesia, dan negara Asia Tenggara lainnya untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

“Biden-Harris menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan lebih erat,” imbuh Sullivan.

Sementara itu, kasus Covid-19 di tanah air kembali melonjak dratis bahkan pecah rekor, tembus 25.830 infeksi sehari sehingga total kasus Covid-19 Indonesia tembus 2,2 kasus. Sedangkan korban meninggal harian Indonesia juga pecah rekor, mencapai 539 kematian dalam sehari, total nyaris 60 ribu orang di Indonesia sudah meninggal dunia. (*/cr2)

Baca Juga  Pemkot Tangerang Gelar Tes Swab Massal

 

Sumber: Suara.com

News Feed