oleh

Update Covid-19, Amerika Serikat Bakal Kirim 4 Juta Dosis Vaksin Moderna

Update Covid-19 global terbaru mengabarkan Amerika Serikat yang siap mengirimkan 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia.

Berdasarkan data Worldometers perSabtu, (3/7/2021) terdapat 434 ribu kasus positif Covid-19 baru dari total 183,8 juta kasus positif sejak pandemi berlangsung di dunia.

Di sisi lain, kasus meninggal dunia sehari bertambah 8.280 orang, dari total 3,9 juta kematian karena Covid-19. Meski begitu, data juga menunjukkan sudah ada lebih dari 11,5 juta orang yang sudah dinyatakan sembuh.

Baca Juga  Menteri Luar Negeri Dorong Diversifikasi Produksi Vaksin Covid-19 ke Negara Berkembang

Kini masih ada 11,5 juta orang di dunia yang berstatus positif Covid-19, atau orang yang bisa menularkan Covid-19. Dari total kasus Covid-19 aktif itu, 99 persen di antaranya bergejala ringan atau tanpa gejala. Sisanya 78 ribu orang bergejala ringan atau sedang kritis karena Covid-19.

Amerika akan kirimkan 4 juta dosis vaksin ke Indonesia

Mengutip Channel News Asia, Penasihat Kemanan Nasional Amerika, Jake Sullivan kepada Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi mengatakan sesegera mungkin akan mengirim 4 juta dosis vaksin Moderna ke Indonesia lewat program bantuan luar negeri, COVAX.

Baca Juga  Pemerintah Kabupaten Sanggau Buka Lowongan CPNS dan PPPK 2021 Sebanyak 3.458

“Ini adalah bentuk dukungan Amerika Serikat untuk rakyat Indonesia perangi lonjakan kasus Covid-19,” ujar Sullivan.

Dalam pernyataanya, Sullivan juga menyoroti pentingnya kehadiran pemerintahan Biden dan Harris di Indonesia, dan negara Asia Tenggara lainnya untuk mengakhiri pandemi Covid-19.

“Biden-Harris menjanjikan dukungan berkelanjutan dan keterlibatan lebih erat,” imbuh Sullivan.

Sementara itu, kasus Covid-19 di tanah air kembali melonjak dratis bahkan pecah rekor, tembus 25.830 infeksi sehari sehingga total kasus Covid-19 Indonesia tembus 2,2 kasus. Sedangkan korban meninggal harian Indonesia juga pecah rekor, mencapai 539 kematian dalam sehari, total nyaris 60 ribu orang di Indonesia sudah meninggal dunia. (*/cr2)

Baca Juga  BPK Keluarkan Strategic Foresight dan website Strategic Foresight BPK

 

Sumber: Suara.com

News Feed