oleh

Keragaman Alumni HMI Menjadi Perekat Kemajemukan Bangsa

Pelaksanaan Halal Bihalal tidak saja bernilai ibadah karena di dalamnya terdapat muatan silaturrahim, tetapi juga bisa menjadi media yang dapat menyatukan dan menguatkan antar kelompok masyarakat. Hal itu nampak dalam suasana Halal Bihalal Alumni HMI di Bandung, terlihat sejumlah politisi lintas partai turut hadir mewarnai, diantaranya Ahmad Doli Kurnia (Waketum Partai Golkar), Ferry Kurnia Rizkiansyah (Waketum Partai Perindo), Herman Khaeron (Ketua Partai Demokrat), Surya Batara (Bendum PPP), Sodik Mujahid (Fraksi Gerindra DPR RI), Dedy Djamaludin Malik (PDIP) dan hadir secara virtual Saan Mustopa (Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR RI).

Baca Juga  Munawar Khalil Pimpin PRIMA DMI

 

“Inti halal bihalal adalah silaturahim, yakni menjalin cinta yang sangat suci. Melalui halal bihalal ini kita ingin menegaskan bahwa alumni HMI di seluruh Indonesia menjadi perekat untuk bangsa Indonesia yang majemuk,” tutur Ervik Ari Susanto, Sekretaris YAHMI, yang disampaikan kepada awak media di sela-sela Halal Bihalal dan Diskusi Kebangsaan Alumni HMI Bandung yang diselenggarakan di Graha HMI jalan Sabang 17 Bandung (28/5/2022).

 

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Doli Kurnia, Waketum Partai Golkar yang juga Ketua Komisi II DPR RI, mengatakan silaturrahmi alumni HMI hendaknya tidak dijalani secara seremonial, namun harus dibangun lebih produktif untuk memperkuat agenda umat. Wujud komitmen keumatan salah satunya dengan cara memilih para pemimpin bangsa (mulai dari Presiden, Wapres, Anggota Legislatif dan Kepala Daerah) yang tidak menghadap-hadapkan antar umat Islam dan mempertentangkan umat Islam dengan kelompok lainnya.

Baca Juga  Fachry Ali Mengajak Umat Islam Menguak Tabir Oligarki di Indonesia

 

“HMI sudah terlatih menjaga dan mengawal komitmen kebangsaan dan keumatan dalam dinamika politik di Indonesia. Oleh karenanya sudah waktunya alumni HMI menjadi lokomotif dalam menjalankan peran-peran kebangsaan di negeri ini,” kata Ahmad Doli Kurnia, yang saat ini juga sebagai Koordinator Presidum KAHMI Nasional.

 

Pada bagian lain, Ferry Kurnia Rizkiansyah mengingatkan bahwa saat ini kita sedang berada dalam era disrupsi teknologi. Dimana perubahan fundamental terjadi akibat perkembangan sistem teknologi digital.

Baca Juga  KSAL-KSAD Kompak Nyanyi Ojo Dibandingke: Di Hati Ini Hanya Ada Pak Prabowo

 

“Dalam forum-forum silaturrahmi alumni ini kita harus mengedukasi masyarakat, utamanya alumni HMI dengan berbagai literasi digital, sehingga dampak buruk dari disrupsi teknologi bisa dipahami dan dihindari,” ucap Waketum Partai Perindo yang juga Komisioner KPU Pusat periode 2012-2017.

 

Halal Bihalal dan Diskusi Kebangsaan Alumni HMI Bandung ini dihadiri oleh ratusan alumni HMI dan aktivis HMI serta para guru besar dari berbagai perguruan tinggi di Bandung. (…)

 

News Feed